Ads

Tips Mencerdaskan otak Kita

Otak merupakan bagian terpenting dalam tubuh kita, kecerdasan seseorang dilihat dari cara berfikir seseorang melalui otaknya, lambat berfikir atau sering orang menyebut “Lola” Loading lama juga di lihat dari cara berfikir seseorang dari otaknya, kecerdasan seseorang ini biasanya terbawa sejah lahir danpengarungnya sangat beragam, lalu apakah kecerdasan yang kurang pada orang dewasa tidak bisa kita tingkatkan , atau orang yang kecerdasannya kurang sejak lahir kemudian pada saat dewasa tidak bisa kita tingkatkan, berikut ini akan kita bahas mengenai berbagai macam kecerdasan dan bagaimana cara kita meningkatkan kecerdasan tersebut
otak kita adalah sebuah superkomputer seberat 1,5 kg. Sebagai pusat kontrol yang mengendalikan hidup kita, otaklah yang menentukan bagaimana cara kita berpikir dan berinteraksi dengan orang lain. Otak anda jauh lebih rumit dari komputer apapun dengan 100 juta milyar sel otak yang saling berhubungan satu sama lain. Mengoptimalkan fungsi otak adalah suatu keharusan jika anda ingin mengeluarkan potensi diri kita semaksimal mungkin.
Maka dengan melatih otak kita, akan terbentuk saraf baru yang dapat melindungi terhadap gejala demensia atau kepikunan. Berikut beberapa cara yang dapat dilakukan untuk mencerdaskaMenjadi Pembaca Aktiv
Membaca novel mungkin menyenangkan untuk perkembangan otak kerena anda dapat menikmatinya, tetapi cobalah membaca buku di luar zona kenyamanan anda. Ini akan memberikan anda perspektif yang berbeda pada teks yang sudah anda biasa baca. Apa saja mulai  dari sejarah,  filsafat, puisi klasik,  fiksi akan memberi anda gambaran yang lebih komprehensif dari berbagai penulis dari seluruh dunia.
Sebenarnya hal-hal kecil bisa anda lakukan dan ini terbukti bisa mencerdasarkan sesorang untuk berfikir lebih kreatif, misal :
Menjadi Pengingat yang baik
Menjadi pengingat yang baik adalah mampu mengingat hal-hal tanpa melihat materi. Untuk melakukan ini, anda akan menjadi terampil dengan berlatih berulang kali melihat sesuatu sesaat sekitar 15 detik dan lalu mengingatnya, lalu coba berapa hal dari benda tsb yang bisa anda ingat.  Pengulangan adalah kunci untuk menjadi pengingat  baik.
Menjadi Pemecah Masalah
Meningkatkan kecerdasan emosi bukan hanya tentang menyerap pengetahuan tetapi juga bisa  menafsirkan dan menganalisis informasi yang tidak lengkap. Ini bisa mengubah posisi objek atau logis membuat informasi baru dari apa yang sudah anda miliki..
Berikut 10 tips untuk mencerdaskan otak kita:
  1. Belajar bahasa asing
Dengan belajar bahasa asing akan mengaktifkan bagian otak yang belum digunakan sejak Anda mulai berbicara, sebab penggunaan beberapa bahasa dapat meningkatkan suplai darah ke otak untuk menjaga kesehatan koneksi saraf
  1. Membaca
Membaca dapat melenturkan otot-otot otak, baik bacaan ringan (seperti komik atau majalah) maupun bacaan untuk informasi, membaca dapat membantu membangun ‘cadangan kognitif’ untuk menunda timbulnya demensia.
  1. Membiasakan aktif menjadi kidal (aktif tangan kiri) dan juga kanan
Lakukan tugas dengan tangan non-dominan, jika biasanya dominan tangan kanan maka gunakan tangan kiri (kidal) dan sebaliknya. Contohnya saat menggunakan mouse komputer, menyikat gigi dan mengikat sepatu dengan arah yang berlawanan, jenis latihan ini dapat memperkuat hubungan saraf yang ada dan bahkan membentuk saraf baru.
  1. Lari
Olahraga lari paling banyak mengaktifkan sel-sel di otak, Peneliti mengatakan hal itu karena sel-sel tubuh yang diaktifkan dengan olahraga akan mentransfer zat-zat molekul atau growth factors yang membuat saraf-saraf baru dan jaringan di otak sehingga membuat seseorang memiliki kemampuan kognitif yang lebih baik.
  1. Ubah rutinitas
Dengan mengubah rutinitas dan cara-cara hidup baru dapat mengaktifkan koneksi otak yang sebelumnya tidak aktif. Latihan yang bisa dilakukan misalnya, mandi dengan mata tertutup atau mengatur ulang kantor atau meja.
  1. Menikmati musik
Selain mendengarkan musik, belajar juga untuk memainkan instrumen musik. Para ahli juga merekomendasikan untuk mengaktifkan dua indera sekaligus, seperti mendengarkan musik dan mencium bunga.
  1. Latihan fisik
Latihan fisik juga dapat meningkatkan kesehatan otak, karena dapat meningkatkan aliran darah ke otak, latihan fisik dapat meningkatkan perhatian, penalaran dan memori.
  1. Hidup sosial
Otak dapat dilatih dengan menjalani kehidupan sosial Anda, misalnya dengan mengunjungi teman berinteraksi, kumpul bareng, dengan jaringan sosial dapat memberikan perlindungan terhadap gejala klinis Alzheimer.
  1. Bermain permainan strategi
Permainan strategi seperti catur, monopoli atau game komputer lainnya, akan menggunakan otak kanan yang dapat membantu orang untuk lebih berpikir kreatif.
10.  Mencari hobi baru
Tantang otak untuk belajar keterampilan baru atau hal-hal yang belum pernah Anda lakukan sebelumnya. Jika Anda bukan seniman, cobalah untuk belajar melukis atau memahat. Jika Anda bisa bermain piano, belajarlah memainkan gitar. Temukan sesuatu yang baru dan menarik untuk dapat menjaga otak tetap aktif.
11.  Bermain puzzle atau teka-teki silang
Teka-teki silang, puzzle, Sudoku dan jenis puzzle lainnya, dapat melatih otak khususnya otak kiri, menurut pusat pelatihan kognitif LearningRx. Tambahkan strategi baru untuk mengefektifkan latihan otak, misalnya memecahkan teka-teki silang dengan tema yang tidak biasa
.Disamping itu ada beberapa hal yang bisa anda lakukan untuk meningkatkan kecerdasan
  1. Asah indra. Bisa dilatih dengan membedakan rasa makanan yang disukai dan yang tidak. Menyadari bau dan aroma di sekitar atau bunyi-bunyian yang ada di jalan atau mungkin rasa panas atau dingin udara di sekitar Anda.
  2. Pelajari sesuatu yang baru. Banyak membaca dan berkenalan dengan hal-hal lain yang mungkin bukan bidang Anda, bisa bahasa asing, pengetahuan tentang komputer, dan lain-lain.
  3. Gunakan tangan supaya mengikuti petunjuk otak. Misalnya bermain gitar, mengetik tanpa melihat tuts, mengerjakan prakarya dari kayu, atau berlatih menulis halus.
  4. Latih kemampuan mengamati. Perhatikan lingkungan sekitar. Rekam dalam pikiran apa yang Anda lihat, mulai dari yang paling sederhana dan diteruskan dengan observasi yang lebih rumit.
  5. Hafalkan nama teman-teman dan pasangkan nomor teleponnya. Ada berapa yang bisa diingat? Latih supaya bisa mengingat lebih banyak.
  6. Pelajari dan hafalkan tanggal-tanggal penting, menyangkut anggota keluarga, teman, atau perayaan tertentu.
  7. Hafalkan sesuatu yang Anda sukai. Bisa jadi itu puisi, lagu, kalimat dari sebuah buku atau kata-kata seseorang. Sebisa mungkin juga usahakan agar kalimat yang digunakan adalah bahasa asing.
  8. Latihan menghafal urutan angka berderet panjang, misalnya 98765432112345678987654321123456789987654321123456789
  9. Ingat dan teliti ulang pengeluaran harian. Apa yang Anda beli kemarin? Berapa uang yang ada dalam dompet Anda sekarang? Kapan Anda terakhir mengambil uang tunai, dan seterusnya.
Latihan-latihan ini akan memungkinkan sel otak tetap aktif dan jaringan penghubung antarsel otak semakin rapat. Kegiatan mental yang menantang meningkatkan jumlah sirkuit aktif atau sinapsis dalam otak. Semakin banyak sirkuit, semakin banyak asosiasi, makin besar pula kemampuan mengingat.
Masih ada lagi , berikut ini jenis makanan yang dapat mencerdaskan otak kita
  1. Ikan. Studi menunjukkan bahwa minyak ikan sangat cocok untuk fungsi otak, karena lebih dari 50% dari otak terdiri dari lipid. Asam lemak Omega 3 yang ditemukan dalam ikan salmon, sarden dan tuna baik untuk menjaga neurilemma, menghasilkan sel-sel otak dan meremajakan fungsi mereka.
  2. Roti Gandum. Roti gandum merupakan sumber penting dari energi yang dibutuhkan oleh otak untuk hampir semua fungsi serta lisin. Otak tidak bisa berkerja tanpa glukosa dan roti gandum merupakan sumber glukosa yang baik.
  3. Pisang. Studi menunjukkan bahwa pisang kaya akan kalium dan magnesium yang penting untuk transmisi saraf. Pisang juga mengandung vitamin B6 yang diperlukan untuk produksi asam Gamma Amino butirat, neurotransmitter.
  4. Buah Beri. Blackberry, raspberry dan berry lainnya merupakan sumber penting dari Vitamin C, antioksidan yang meremajakan sel-sel otak dengan menghilangkan radikal bebas dan memperbaiki pembuluh darah untuk transportasi oksigen yang cukup.
  5. Brokoli. Brokoli adalah sumber magnesium serta vitamin C. Seperti yang sudah dijelaskan diatas, Magnesium diperlukan untuk neurotransmisi sedangkan vitamin C merupakan antioksidan kuat yang menghilangkan radikal bebas yang dapat merusak sel otak.
  6. Alpukat. Alpukat merupakan sumber dari Vitamin E, yang juga berfungsi sebagai antioksidan dan melindungi otak dari penuaan dini.
  7. Teh. Seperti halnya coklat, teh mengandung antioksidan yang menghilangkan radikal bebas yang memiliki potensi untuk membahayakan neuron. Teh mengandung flavonoid yang merangsang fungsi otak.
  8. Minyak Rapeseed. minyak rapeseed merupakan sumber alternatif yang baik untuk asam lemak Omega 3 yang seperti dijelaskan di atas merupakan konstituen penting dari sistem saraf, khususnya otak.
  9. Buncis dan kacang-kacangan lainnya. Kacang, kacang polong, lentil dan kacang-kacangan lain adalah sumber penting asam amino esensial serta vitamin B9, Besi dan Vitamin B1 yang semuanya diperlukan untuk fungsi otak yang tepat.
  10. Hati. Hati adalah sumber penting zat besi yang merupakan komponen penting hemoglobin. Hemoglobin merupakan transporter oksigen yang penting, sehingga melancarkan suplay oksigen ke otak. Hati juga mengandung semua vitamin yang diperlukan untuk fungsi otak.
  11. Telur. Telur kaya akan lesitin dan fosfolipid yang penting dalam rekonstruksi neurilemma. Telur juga menyediakan asam amino penting yang diperlukan dalam sintesis neurotransmitter.
  12. Bayam. Sayuran ini merupakan sumber magnesium dan vitamin B9 yang baik yang penting untuk relaksasi otot dan pengembangan jaringan saraf. Vitamin B9 juga meningkatkan memori yang diperlukan untuk kecerdasan.
  13. Cokelat. Cokelat mengandung magnesium yang penting untuk transmisi saraf. Coklat juga mengandung amfetamin yang bertindak sebagai antidepresan.
  14. Makanan Laut. Kerang, kepiting, udang, tiram, dan makanan laut lainnya merupakan sumber yang kaya mangan, tembaga, seng, lithium, dan yodium yang tidak hanya meningkatkan aktivitas metabolisme tetapi juga melawan kecemasan dan kelelahan mental. Makanan laut  juga kaya akan vitamin B12, serta asam amino esensial lisin yang diperlukan untuk sintesis dopamin.
  15. Daging Ayam. Daging Ayam memiliki semua asam amino esensial maupun asam lemak dan vitamin penting yang dibutuhkan untuk fungsi otak dan sintesis neurotransmitter. Daging ayam kaya akan lemak, baik mono dan ganda tak jenuh, yang merupakan komponen penting dari jaringan saraf.
Disamping itu ada Sari Buah Merah Asli Papua yang sangat terkenal dapat mencerdaskan otak kita khususnya anak usia remaja, karena kandungan omega 3 dan omega 9 dalam buah merah dapat merangsang daya kerja otak dan meningkatkan kecerdasan. Oleh karena itu buah merah cocok untuk dikonsumsi oleh anak-anak.

0 comments on Tips Mencerdaskan otak Kita :

Post a Comment