Ads

SUMBANGAN UTAMA PSIKOANALISA DALAM PRAKTEK KONSELING

Sumbangan utama teori psikoanalisa dalam praktek koseling sangat bermamfaat, terutama dalam pemahaman individu yang bermasalah. Psikoanalisa yang merupakan teori utama Sigmund Freud, adalah sebuah model perkembangan kepribadian, filsafat tentang manusia, dan metode konseling dan psikoterapi.
Sumbangan-sumbangan utama yang bersejarah dari teori dan praktek psikoanalisa adalah:
  1. Kehidupan mental individu menjadi bisa dipahami, dan pemahaman terhadap sifat manusia bisa diterapkan pada penanggulangan penderitaan manusia/sifat yang bermasalah.
  2. Tingkah laku di ketahui sering ditentukan oleh faktor-faktor tak sadar.
  3. Perkembangan pada masa dini kanak-kanak memiliki pengaruh yang kuat terhadap kepribadian dimasa dewasa.
  4. Teori psikoanalisa menyediakan kerangka kerja yang berharga untuk memahami cara-cara yang digunakan oleh individu dalam mengatasi kecemasan dengan mengandalkan adanya mekanisme-mekanisme yang bekerja untuk menghindari luapan kecemasan.
  5. Pendekatan psikonalisia telah memberikan cara mencari keterangan dari ketidaksadaran melalui analisis atas mimpi-mimpi, resistensi-resistensi, transferensi-transferensi.
Konsep utama dari teori psikoanalisa diatas sangat membantu menangani individu-individu yang bermasalah dalam praktek konseling. Ini karena konsep teori psikoanalisa berasal dari analisis perilaku yang abnormal, sehingga sangat cocok memilih pendekatan psikoanalisa untuk menangani perilaku yang bermasalah dalam praktek konseling.

0 comments on SUMBANGAN UTAMA PSIKOANALISA DALAM PRAKTEK KONSELING :

Post a Comment