Ads

RAHASIA KEPRIBADIAN YANG TERSIMPAN DALAM TANDA TANGAN

Tanda tangan bukan hanya sekedar coretan yang tidak mempunyai arti. Dia adalah alat komunikasi kerpibadian yang sangat penting. Banyak orang, pada awalnya memilih model tangan tangan tertentu karena lebih artistic, menarik, gaul dan sebagainya. Tapi pada dasarnya, itulah model kepribadian yang tergambar dalam tandatangan orang tersebut.
Menginterpretasi sebuah tandatangan bukan berdasar pada segi artistic, menarik, gaul atau yang lainnya, tetapi ada karakterisktik-karakteriktik tertentu yang menggambarkan keadaan jiwa seseorang. Interpretasi terhadap tandatangan merupakan pengembangan dari teori psikoanalis, dimana menyatakan bahwa, kehidupan dan tingkahlaku sekarang adalah hasil dari cetakan masa lalu. Tingkah laku ini bisa terbaca atau dimunculkan pada perilaku-perilaku yang tidak disadari oleh orang yang bersangkutan, termasuk dalam membuat tandatangan.
Jadi, datar teoritis tanda tangan bukanlah seperti dongengan atau prambon dan ramalan yang tidak bisa dipertanggungjawabkan, tetapi dia adalah hasil dari pengembangan terhadap teori psikoanalis, yang banyak digunakan dalam menginterpretasi dan terapi-terapi kelainan kepribadian.
Berikut sedikit pemaparan dari Mita Rosette Taufik, dalam bukunya Step by Step Menganalisis Karakter dan Potensi melalui Tulisan Tangan menjelaskan mengenai arti dari letak tanda tangan.
Di sebelah kiri berdekatan dengan teks
Saat menulis surat secara personal di atas selembar kertas, apalagi jika maksudnya ingin menimbulkan kesan positif, sebaiknya jangan memberikan tanda tangan di sebelah kiri berdekatan dengan teks.
Letak tanda tangan di sebelah kiri atas dekat teks ini menunjukkan bahwa Anda tidak terlalu berani mengekspresikan diri, terkadang pesimistis, dan kurang percaya terhadap orang lain.
Di sebelah kanan berdekatan dengan teks
Letak tanda tangan di sebelah kanan atas dekat teks menunjukkan bahwa Anda cerdas, dapat diandalkan, dan jujur. Bila tanda tangan Anda dapat dibaca dengan jelas, ini juga menunjukkan seperti apa kepribadian Anda.
Di bawah, kanan atau kiri, berjauhan dari teks
Membubuhi tanda tangan berjauhan dari teks, baik di kanan maupun di kiri, menunjukkan bahwa Anda pemalu dan merasa terasing. Jika ditambah tanda-tanda tertentu, letak tanda tangan ini juga menunjukkan Anda sedang frustrasi.
Sebenarnya masih banyak sisi kepribadian lain yang bisa dilihat dari tandatangan seseorang, yang ada diatas hanya secuil cuplikan dari arti sebuah tandatangan. Mulai dari bagaimana seseorang bersosialisasi dengan lingkungan, memandang diri sendiri, harapan-harapannya ataupun kemungkinan sifat-sifat negatif yang mungkin akan dimunculkan, seperti pemarah, sampai kemungkinan menyesali kehidupannya hingga kecenderungan bunuh diri.

0 comments on RAHASIA KEPRIBADIAN YANG TERSIMPAN DALAM TANDA TANGAN :

Post a Comment