Ads

Ranah Psikologi Kognitif

Ranah Psikologi Kognitif


Walaupun memelajari yang serba abstrak dan luas, ada batasan hal-hal apa saja yang dipelajari dalam Psikologi Kognitif. Tentunya batasan-batasan ini masih dapat meluas dengan adanya perspektif baru dan dinamika pengetahuan yang terus bergulir.


NEUROSAINS KOGNITIF



Dari kata penyusunnya saja, dapat dilihat bahwa ranah neurosains kognitif merupakan gabungan dari ilmu neurologik dengan kognitif. Hal ini dilandasi asumsi bahwa komunikasi antar neuron (sel saraf) mendasari kerja pemrosesan informasi.


Semua proses kognisi (misal: di dalam otak kita) membutuhkan bantuan neuron untuk
dapat diolah. Kita tidak dapat mengingat atau memaknai iklan jika neuron tidak menyampaikan informasi yang ditangkap mata kita menuju ke otak. Oleh karena itu,neurologi dan kognitif adalah dua hal yang tak dapat dipisahkan.

PERSEPSI

Cabang psikologi yang langsung terkait dengan deteksi dan interpretasi rangsang sensoris disebut persepsi. Dalam psikologi kognitif, hal yang paling disoroti adalah bagaimana kita memaknakan sinyal-sinyal sensoris. Stimulus yang sama dapat dimaknai secara berbeda oleh orang yang berbeda. Contohnya adalah menikmati film drama, ada yang suka, ada pula yang benci.

0 comments on Ranah Psikologi Kognitif :

Post a Comment