Ads

Mengenal Dasar-dasar Kode HTML

Mengenal dasar-dasar kode html merupakan judul pilihan yang saya ambil setelah selesai memodifikasi template blog matasiswa ini. Ide postingan mengenal dasar kode html ini muncul karena didalam template sebuah web/atau blog tidak terlepas dari kode-kode yang diantaranya adalah kode html. Sebagai seorang yang awam dan tidak memiliki basic pada kode dalam template blogger ini, terkadang bingung menentukan mana kode html, javascript, dan css. Untuk itu, disini saya akan menjelaskan secara ringkas mengenai kode dalam template blogger khususnya pada kode html.

Sama seperti Anda, sebenarnya saya juga tidak memiliki basic atau pengetahuan tentang kode-kode ini, karena saya sendiri tidak pernah mempelajarinya secara formal, Artinya kode html ini saya kenal setelah saya memulai untuk blogging yaitu tepatnya akhir tahun 2011 lalu. Dengan demikian saya belajar mengenai kode html ini secara otodidak dengan sumber bacaan yang saya cari dari google. Setelah memiliki pemahaman yang pas-pasan akhirnya saya memberanikan diri untuk mensharenya kepada Anda yang juga ingin mengenal dasar-dasar kode html ini.

Sebagaimana yang pernah saya jelaskan pada postingan yang lalu pada struktur dan bagian template blogger bahwa template sebuah web/blog itu terbentuk dari kumpulan kode-kode yang memiliki kaitan antara satu dengan yang lainnya dan terletak pada bagiannya masing-masing serta fungsi dari entitas kode itu sendiri. Agar Anda dapat membedakan kode-kode itu (css, javascript, dan html), setidaknya anda harus paham terlebih dahulu eksistensi awal dari kode tersebut, lebih jelasnya dapat Anda baca seperti yang saya jelaskan berikut ini:

Sedikit mengulang pada postinga yang lalu yaitu tepatnya pada bagian template blogger standar 2, disana telah saya jelaskan mengenai kode css template blogger. Dimana pada umumnya kode css ini terletak diantara kode <b:skin><![CDATA[/ hingga ]]></b:skin> yang memiliki fungsi membantu terbentuknya sebuah entitas kode javascipt dan fungsi kode lainnya. Kode css ini pada dasarnya memiliki pengaturan jenis kode yang tertaut, misalnya seperti latar belakang atau background, border, warna, jarak, huruf/font yang dipakai, struktur link yang digunakan, dan lain-lain.

Berbeda dengan kode javascript, kode ini biasanya memiliki awalan dan akhiran atau pembuka dan penutup, seperti halnya dengan kode html. Kode javascript ini sebenanya mudah dipahami karena pada umumnya memiliki tag awalan atau pembuka seperti <script type='text/javascript'> dan diakhiri dengan tag penutup </script>.

Contohnya :

<script type='text/javascript'>
Kode javascript
</secrit>

Saya rasa sudah jelas, untuk itu mari kita kembali kepokok postingan ini yaitu mengenal dasar-dasar kode hatml.

Kode html memiliki eksistensi tersendiri dalam template blogger, namun kode ini dapat juga merubah beberapa efek dari entitasnya. Misalnya seperti huruf/font, warna, link tertaut, tata letak text dan lain, lain. Sama halnya seperti kode javascript yang memiliki tag pembuka dan penutup seperti yang bisa Anda lihat dibawah ini:

  • html untuk merubah besar/kecil huruf
<font size="15px">Text anda/ your text</font>

  • html script untuk menebalkan font
<font weight="100">Text anda / your text</font>
atau <b>Text anda</b>
atau<strong>tent anda</strong>

  • html untuk memberi warna pada font
<font color="red">Text anda/ your text</font>

  • html membuat huruf miring
<i>Text anda</i>

  • html membuat huruf bergaris bawah
<u>Text anda</u>

<marquee>bolakbalik lambat</marquee>

  • html untuk tulisan rata kiri, tengah dan kanan
<left>Konten anda</left> (kiri)
<center>Tengah/center</center> (tengah)
<right>kanan/right</right> (kanan)

Sebenarnya masih banyak lagi fungsi kode html ini, namun hanya ini yang dapat saya sampaikan kepada Anda, semoga bermanfaat dan menambah wawasan bagi Anda, sampai jumpa pada postingan berikutnya. Untuk informasi tambahan dari saya mengenai kode-kode css, javascript dan html ini, Anda dapat belajar secara online di situs www.w3schools.com

0 comments on Mengenal Dasar-dasar Kode HTML :

Post a Comment