Ads

Membacakan Buku Cerita Untuk Anak


membaca cerita utntuk anak | pgtk darunnajah
membacakan cerita kepada anak anak
Dengan membaca, setiap orang akan bertambah wawasan pengetahuan, kreativitas, daya tangkap dan imajinasi atau ide. Bahkan bagi anak-anakpun, jika membaca diterapkan dengan efektif dapat meningkatkan hubungan emosional yang positif dengan orang tuanya.

Manfaat ini juga bisa kita berikan kepada anak-anak kita yang belum bisa membaca, yaitu dengan cara membacakan buku (terutama buku cerita) kepada mereka.

Agar manfaat tersebut bisa efektif, diperlukan seni membaca dengan baik dan benar :
  1. Saat membacakan buku cerita, gunakan suara yang lantang dan artikuasi yang jelas. Tujuannya: agar anak dapat sambil belajar mengucapkan kata-kata yang benar saat dia mendengarkan cerita.
  2. Penggunaan intonasi yang tepat. Gunakan nada yang tinggi saat membacakan tokoh sedang berteriak, jangan hanya dengan nada yang datar-datar saja. Tujuannya: anak bisa belajar mengerti tentang situasi dan kondisi yang yang tepat.
  3. Ekspresi yang sesuai. Gunakan mimik muka yang ceria, saat membacakan tokoh cerita yang sedang senang, bahagia, Begitu juga sebaliknya. Tujuannya: agar anak bisa melajar mengemukakan ekspresi dengan benar.
  4. Biarkan anak bertanya. Kalaupun anak bertanya saat sedang membacakan cerita, beri jawaban yang sesuai. Ini menunjukkan kakalu anak benar-benar menyimak apa yang kita bacakan.
  5. Waktu yang terbaik. Semua waktu memang baik untuk membacakan cerita, tetapi ada juga waktu terbaiknya yaitu menjelang anak akan tidur. Ini dikarenakan kondisi yang benar-benar rileks dan nyaman.

0 comments on Membacakan Buku Cerita Untuk Anak :

Post a Comment