Ads

Contoh Soal Psikotes Bagian 1

Contoh soal psikotes bagian 1 merupakan materi yang sering dicari bagi mereka yang lulus dalam seleksi administrasi untuk mengikuti tes selanjutnya. Karena biasanya setelah Anda lulus pada proses seleksi administrasi ketika Anda melamar pada suatu perusahaan, Anda akan diminta untuk mengikuti psikotest atau tes kepribadian.Untuk itu bagi yang belum pernah mengenal yang namanya psikotest maka persiapan Anda adalah mencari soal psikotes untuk dikerjakan sendiri sebelum proses psikotes yang sebenarnya berlangsung.

Dulunya saya sama seperti Anda yang sering mengasah kemampuan dengan mencari soal psikotes dan mengerjakannya sendiri. Baik itu soal psikotest secara online atau membeli buku-buku soal psikotes di toko buku terdekat. Hal ini saya lakukan agar kemampuan yang saya miliki untuk mengikuti proses psikotes pada saat melamar kerja tidak canggung lagi, karena sudah terbiasa. Sebenarnya banyak orang yang gagal dalam psikotes ini, karena sepele atau ketidak siapan mental.

Sebelum menulis postingan ini sebenarnya saya sudah pernah membahas tentang postingan mengenai psikotes yang memiliki karakter yang berbeda pada soal psikotes. Untuk itu bagi Anda yang belum membaca postingan yang lalu, saya anjurkan bagi Anda untuk membacanaya, karena postingan ini merupakan bagian dari postingan yang lalu. Dengan demikian saya mengharapkan proses pengetahuan Anda akan terbentuk secara berkesinambungan. Adapun postingan sebelumnya yang harus Anda baca diantaranya yaitu :


Jika Anda sudah membacanya, saya akan melanjutkan postingan ini. Adapun soal psikotes yang sering keluar baik itu ketika Anda mengikuti psikotest pada perusahaan BUMN ataupun swasta diantaranya seperti yang akan saya jelaskan di bawah ini :

1. Tes Wartegg/Wartegg test ( bukan warung teggal :D)

Tes ini terdiri atas 8 kotak yang berisi bentukan-bentukan tertentu seperti titik, garis kurva, 3 garis sejajar, kotak, dua garis saling memotong, dua garis terpisah, tujuh buah titik tersusun melengkung dan garis melengkung. Anda akan diminta menggambar kemudian menuliskan urutan gambar yang telah anda buat, lalu menuliskan nomor gambar mana paling disukai, tidak disukai, sulit dan mudah menurut anda. Yang dinilai dalam tes ini adalah emosi, imajinasi, intelektual dan aktifitas subjek bukan mahirnya Anda dalam menggambar

Contoh soal wartegg test :

soal wartegg test



Tips mengerkakan soal wartegg test adalah:

  • Urutan menggambar sebaiknya anda buat kombinasi antara sesuai nomor dan acak. Misalnya 1,2,3,4 kemudian 8,7,6,5. Karena apabila anda menggambar berdasarkan urutan 1,2,3,4,5,6,7,8 anda dipandang HRD sebagai orang yang kaku/konservatif sedangkan apabila anda menggambar secara acak misalnya 5,7,6,8,3,2,4,1 anda akan dipandang HRD sebagai orang yang terlalu kreatif, inovatif dan cenderung suka akan ‘breaking the low‘. 

  • Kalau anda bergender lelaki jangan mulai dengan nomor 5, karena beberapa anggapan menyebutkan hal ini berpengaruh terhadap orientasi seks anda. Berikut ini adalah salah satu contoh pengerjaan yang pernah digunakan penulis untuk melewati tahap psikotes ini:

wartegg test



2. Draw A Man Test (DAM)

Tes ini mengharuskan anda untuk menggambar sesorang, untuk kemudian anda deskripsikan usia, jenis kelamin dan aktifitas orang tersebut. Tes ini dipergunakan untuk mengatahui tanggung jawab, kepercayaan diri, kestabilan dan ketahanan kerja.

Tips dalam mengerjakan soal draw a man test:

  • Gambarlah orang tersebut secara utuh mulai dari ujung kepala sampai ke ujung kaki, termasuk detil muka seperti mata, hidung, mulut dan telinga. 

  • Gambarlah orang tersebut dalam keadaan sedang melakukan aktifitas, misalnya pak tani sedang membawa cangkul, eksekutif muda sedang menenteng koper dsb.

  • Gambarlah serapi mungkin walau ini bukan dari penilaian utama, dan jika Anda diminta untuk menyebutkan nama orang yang sedang Anda gambar tersebut, buatlah dengan nama Anda.

3. Army Alpha Intelegence Test

Tes ini terdiri atas 12 soal yang berisi kombinasi deretan angka dan deretan bentuk. Soal satu soal kadang terkait dengan soal sebelumya. Yang dinilai dalam tes ini adalah kemampuan daya tangkap Anda dalam menerima dan melaksanakan instruksi dengan cepat dan tepat. Test ini juga sering keluar jika Anda melamar di perbankan khususnya pada posisi sebagai Account Officer (AO)

Tips mengerjakan soal ini sebagai berikut :



  • Konsentrasilah kepada apa yang dikatakan narator, karena narator tidak akan mengulang instruksi tersebut dan waktu yang diberikan sangat terbatas. 

  • Sabar, jangan terburu menjawab, sebelum narator selesai memberikan instruksi. 

Contoh soal Army Alpha Intelegence Test :

army alpha intelegence test


Postingan contoh soal psikotes bagian 1 ini saya sudahi sampai disini dulu, karena jika semua saya tuangkan dalam satu potingan maka terlalu panjang dan saya yakin Andapun jenuh membacanya. Untuk itu, anda dapat membaca lanjutan dari postingan ini pada postingan berikutnya yaitu contoh soal psikotes bagian 2. Jika postingan ini dapat membantu Anda dan bermanfaat bagi Anda, saya sangat senang sekali jika Anda bersedia men-share postingan ini kepada teman-teman Anda juga dan memberikan G +1. Saya ucapkan terimakasih sebelumnya, dan tunggu postingan berikutnya.

0 comments on Contoh Soal Psikotes Bagian 1 :

Post a Comment