Ads

Cara Menyusui Bayi Di Depan Umum

Ibu menyusui mempunyai tugas yang berat. Kapan pun dan dimana pun, bayi meminta susu pasti Anda akan langsung memberikannya. Tidak akan menjadi masalah bila bayi menangis di rumah atau bukan di tempat umum. Hal ini akan merepotkan Anda jika bayi menangis meminta susu di tempat yang ramai. Semua mata akan menuju pada bayi Anda yang menangis. Ada keinginan untuk langsung memberikan ASI pada bayi, tapi di sisi lain Anda merasa malu karena berada di tempat umum.

Tidak perlu khawatir lagi untuk di depan umum. Berikut trik atau cara menyusui di depan umum yang dapat dilakukan:

   1. Berlatih menyusui bayi. Sebagai ibu menyusui, tidak ada salahnya untuk berlatih menyusui bayi di rumah. Latihan ini dimaksudkan supaya Anda lebih terampil menyusui jika berada di tempat umum. Latihan ini dapat dilakukan dengan cara berjalan berkeliling di dalam rumah sambil menyusui bayi Anda. Selain itu, Anda juga dapat berlatih di depan cermin. Sehingga Anda tahu bagaimana orang lain melihat Anda saat menyusui.
   2. Bersikap tenang. Jika tiba-tiba bayi Anda melihat gerakan bayi meminta susu di depan umum. Langsung berikan ASI Anda dengan tenang. Jangan menunggu bayi menangis, karena hal ini akan mengalihkan pandangan orang lain kepada Anda. Selain itu, jangan ada gerakan-gerakan yang akan membuat orang lain mengalihkan pandangannya ke Anda. Misalnya membuka pakaian dengan gugup, keringatan atau gerakan-gerakan lain. Hal ini tidak akan terjadi jika Anda bersikap tenang.
   3. Gunakan pakaian yang sesuai untuk ibu menyusui. Untuk memudahkan Anda menyusui bayi Anda di depan umum, sebaiknya gunakanlah pakaian yang memang sesuai untuk ibu menyusui. Misalnya, gunakan kemeja sehingga akan mudah dibuka jika tiba-tiba bayi Anda meminta susu. Setelah bayi menempel pada puting payudara, tutuplah dengan jaket atau selendang yang Anda bawa. Tapi tetap pastikan bayi merasa nyaman. Lakukan semua ini dengan wajar. Jika sudah selesai segera kancingkan kemeja Anda kembali.
   4. Cari tempat yang aman. Ada tempat yang menyediakan tempat khusus untuk ibu menyusui. Hal ini tentunya akan memudahkan Anda untuk menyusui. Tapi akan menjadi kebingungan bagi Anda jika tidak ada tempat khusus untuk menyusui. Carilah tempat yang Anda anggap aman dan nyaman untuk menyusui. Pastikan tidak banyak orang yang akan melewati Anda. Tetapi jangan memilih tempat dekat toilet, karena hal ini akan membuat Anda dan bayi tidak merasa nyaman. Menghadaplah ke tembok dan lakukan dengan wajar. Senyumlah pada orang yang melihat Anda sehingga orang itu hanya akan memperhatikan senyuman.

0 comments on Cara Menyusui Bayi Di Depan Umum :

Post a Comment