Ads

Cara Mendapatkan Pagerank dari Google

Postingan cara mendapatkan pagerank dari google ini adalah merupakan ungkapan rasa kebahagiaan saya karena blog matasiswa ini sudah diberi pagerank dari google. Sebenarnya jika saya flashback dan meninjau kembali mengapa google memberikan pagerank saya juga tidak tau. Karena niat utama mengapa saya memulai untuk blogging adalah untuk membagi ilmu yang saya miliki kepada orang-orang agar lebih bermanfaat. Sebagaimana pepatah arab mengatakan "ilmu tanpa diamalkan bagaikan pohon tidak berbuah". Dari pepatah itulah alasan mengapa saya memulai untuk blogging.

Sebenarnya google memberikan pagerank 1 kepada blog matasiswa ini sudah 3 hari, dan sayapun tidak percaya. Kemudian saya coba untuk memastikannya dengan menggunakan tool prchecker, ternyata benar bahwa blog matasiswa ini sudah memiliki pagerank. Padahal kalau dihitung-hitung saya mulai blogging aktif itu baru 4 bulan dan baru memiliki sekitar 100 lebih postingan, hehehe.. Alhamdulillah ya sesuatu ala syahrono.

google pagerank, dapat pagerank, pagerank


Banyak para blogger yang ingin sekali mendapatkan pagerank dari google, apalagi blogger yang sudah lama dan memiliki banyak postingan dan belum mendapatkan pagerank dari google. Menurut saya, blog yang mendapatkan pagerank dari google adalah sebuah pengharggan dari google karena sudah berkontribusi dengan artikel atau postingan yang bermanfaat. Sehingga blog tersebut banyak dilirik oleh para blogger lain atau pengunjung blog tersebut. Tidak hanya itu google memantau juga lho dengan mengirim robot crawlnya dan spider boot untuk menganalisa dan menelusuri blog yang Anda miliki. Sehingga si mbah google itu berkesimpulan apakah blog yang Anda miliki layak untuk diberikan pagerank atau tidak.

Jika blog Anda ingin mendapatkan pagerank dari google saya akan memberikan sedikit tipsnya berdasarkan pengalaman dan analisa saya, yang dapat Anda baca berikut ini.

1. Jangan copy-paste artikel dari blog orang lain.

Yang paling terpenting dan yang harus Anda lakukan adalah membuat postingan yang natural, artinya jangan plagiat atau meng-copy paste dari blog orang lain. Jika Anda ingin meng-copy paste artikel dari blog orang lain, sertakanlah link blog tersebut kedalam postingan yang Anda copas. Google lebih menghargai cara ini, dan ini juga merupakan kode etik seorang penulis atau blogger. Sama seperti Anda, jika tulisan hasil karya Anda di copas oleh orang lain yang tidak menyertakan link sumber artikel tersebut, Anda tidak suka bukan ?

2. Rajin-rajinlah update postingan

Google sangat menghargai blog yang rajin update postingan apalagi postingan Anda tersebut murni dari pemikiran Anda dan dibutuhkan orang banyak. Jika Anda selalu update status di facebook rajin, mengapa tidak untuk bog Anda, itulah pertanyaan yang sering saya ajukan kepada diri saya, sehingga  setiap kali terlintas ide baru dalam pemikiran saya, saya akan mempostingnya ke blog matasiswa ini. Namun, jika Anda tidak bisa update postingan setiap hari satu kali, karena kesibukan Anda dalam bekerja, updatelah paling minimal 1 postingan dalam 3 hari sekali.

3. Link Building

Menurut para pakar seo link building Adalah proses dimana Anda membangun inbound link atau link yang menuju blog Anda. Popularitas sebuah blog bisa juga ditentukan oleh jumlah dari inbound link ini. Dengan melakukan link building ini, blog anda  akan mendapat lalulintas yang tinggi ke blog anda.Sehingga blog anda akan semakin cepat mendapatkan popularitas dan hadiah Google PageRank yang semakin tinggi. Ada cara yang paling mudah yang saya anjurkan kepada Anda untuk link building ini yaitu berkomentarlah pada blog dofollow dengan etika baik, artinya jangan melakukan spam ini dapat berpengaruh buruk kepada blog Anda dalam mendapatkan pagerank dari google. Selain berkomentar pada blog dofollow, Anda juga harus mensumbit blog Anda ke direktori dan social bookmar dofollow. Walaupun ini dilakukan dengan mudah, namun Anda harus memiliki banyak waktu untuk melakukannya, karena Anda harus mencari satu-persatu blog dofollow ataupun social bookmark doffollow dan hal ini sangat membosankan. Saya memiliki sebuah cara yang efesien untuk hal ini, berdasarkan riset yang saya lakukan dalam beberapa hari terakhir terhadap web/blog para master blogger indonesia, mengapa blog mereka dibanjiri dengan banyak backlink. Sebenarnya cara ini masih rahasia saya, namun tidak bagi Anda yang telah menjadi sahabat matasiswa. Mau tau caranya? silahkan Anda baca dapat banyak backlink dengan mudah.

4. Promosikan blog dan postingan

Sama seperti kita berjualan, jika blog kita tidak memiliki pengunjung juga tidak ada artinya. Untuk itu promosikanlah blog Anda dan postingan blog. Entah itu kemedia sosial seperti facebook, twitter, kaskus, dan lain-lain. Biasanya sih kalua saya sering ke facebook dan ke social bookmark dofollow.

5. Maksimalkan internal link

Apa itu internal link? Internal link adalah link yang terdapat didalam postingan yang masih dalam blog tersebut. Untuk memaksimalkan internal link ini Anda dapat melakukannya dengan teknik postingan berseri. Hal ini juga bermanfaat untuk mengefesienkan halaman postingan sehingga pengunjung blog anda tidak jenuh membaca artikel didalam blog karena terlalu panjang. Seperti yang pernah saya buat pada postingan struktur dan bagian template blogger.

6. Memaksimalkan dan mengefesienkan halaman blog

Sering kita blogwalking ke blog tetangga yang memiliki template blog bagus dan menarik akan tetapi tidak memiliki pagerank. Sedangkan template yang berstruktur biasa saja malah memiki pagerank yang tinggi. Saya sendiri sering melihat kejadian yang demikian ini, sehingga saya dapat mengambil kesimpulan bahwa "bukan karena template yang mempengaruhi pagerank sebuah blog, akan tetapi bagaimana blog tersebut dapat memaksimalkan dan mengefesienkan halaman blognya".

7. Sumbit blog Anda ke google webmaster tool

Sebenarnya mensumbit blog ke google webmaster tool ini tidak mempengaruhi pagerank, karena google sendiri sudah menjelaskannya Anda dapat membacanya disini. Akan tetapi cara ini kita lakukan agar google mudah mengindeks setiap postingan yang Anda publis, sehingga dengan demikian postingan Anda dapat dibaca oleh orang yang menemukannya, apa lagi postingan Anda berada pada halam utama google. Dengan demikian jumlah pengunjung blog anda terus meningkat, dan dengan meningkatnya jumlah pengunjung blog, maka popularitas blog juga meningkat, ini adalah menurut analisa dan logika saya.

8. Lakukan teknik Search Engine Optimization (SEO) yang disarankan google.

Tidak ada cara yang lebih baik khususnya teknik seo, selain yang disarankan oleh google. Lebih lenkapnya Anda dapat membaca langsung seperti yang diterangkan oleh google dengan menklik link "disini" pada poin ke 7.

Sebenarnya masih banyak lagi faktor-faktor agar blog mendapatkan pagerank dari google, akan tetapi penjelasan yang saya sampaikan diatas merupakan faktor terpenting dan itu menurut yang saya alami. Saya tidak akan mempublis postingan ini jika saya sendiri belum mendapatkan pagerank dari google, kerena jika saya melakukannya sama halnya saya menyebar kebohongan publik dan itu dosa hehehe.. masih kepikiran dosa juga to, ya iya lah secara saya masih bertuhan.

Ada satu lagi informasi yang saya alami setelah mendapatkan pagerank dari google ini yaitu, google tidak hanya memberikan pagerank pada home page/halaman depan saja, melainkan google juga memberikan pagerank pada postingan blog. Biasanya google memberikan pagerank pada postingan blog yang paling banyak dikunjungi atau lebih sering kita dengar popular post. Kalau di blog matasiswa ini halaman yang juga mendapatkan pagerank dari google diantaranya yaitu :



Sebenarnya masih ada lagi, tapi males ah ditelusuri satu per satu ribet, bayangkan jika ditelusuri dari banyaknya artikel yang saya posting kan capek, hanya untuk mengetahui pagerank, gak kerjaan ah hehe. Dan ada juga halaman yang n/a serta pagerank 0. Sepertinya udah panjang banget ya? dan Anda juga sudah bosen membaca postingan ini, untuk itu saya akhiri sampai disini. Dan perlu saya ingatkan kepada Anda bahwah konsistenkanlah niat Anda untuk blogging, apakah niat Anda hanya untuk mendapatkan pagerank dari google, atau berbagi ilmu yang Anda ketahui atau untuk bisnis. Ini juga harus anda pertanyakan kepada diri Anda. Oke dah saya ucapkan Happy Blogging :)

0 comments on Cara Mendapatkan Pagerank dari Google :

Post a Comment