Ads

TATKALA ULAMA BESAR DI SURUH MASUK ISLAM

 SYEIKH AD DAMIRI AD DIRINI adalah seorang ulama besar yang banyak memiliki karya nadzam dari kitab Tanbih, Al Wajiz, Gharib Al Qur`an dan lainnya

Suatu saat ulama Syafi’iyah yang hidup di abad ke 8 hijriah ini melakukan perjalanan di wilayah Mesir dengan mengenakan sorban yang telah berubah warnanya, hingga warnanya terlihat kebiru-biruan, seperti warna sorban yang dipakai oleh para rahib Qibthy. Karena itulah ada seorang yang tertarik mendekati beliau dan menyampaikan,”Katakanlah aku bersaksi tidak ada ilah selain Allah dan sesungguhnya Muhammad Rasulullah”. Maka beliau pun mengucapkannya.

Kemudian orang yang tidak dikenal tersebut melepas surban yang dipakai Syeikh Ad Damiri dengan menyampaikan,”Pergilah ke Qadhi untuk bersyahadat di depan beliau”.

Akhirnya Syeikh Ad Damiri pergi dengan diarak banyak anak kecil di belakangnya, sebagaimana yang biasa terjadi pada orang yang hendak masuk Islam.

Setelah Syeikh Ad Damiri sampai ke tampat Qadhi, sang Qadhi yang cukup mengenal Syeikh Ad Damiri pun terheran-heran,”Ada apa ini wahai Syeikh?”

Syeikh Ad Damiri pun menjawab,”Dia menyuruhku untuk mengucap dua kalimat syahadat dan aku pun mengucapkannya, kemudia dia mengatakan kepadaku,’Pergilah bersama kami ke Qadhi untuk mengucapkan dua kalimat syahadat di hadapannya’. Maka aku pun datang. (lihat, Thabaqat As Syafi’yah Al Kubra, 8/200).

Jika bukan Syeikh Ad Damiri yang diperlakukan demikian, mungkin dia akan marah besar dan merasa diremehkan hingga mengatakan,"Tidak tahukan engkau bahwa aku seorang ulama?!" Namun Syeikh Ad Damiri tidak marah, karena beliau adalah ulama yang dikenal memiliki akhlak yang baik dan hati yang bersih, sebagaimana disebutkan oleh Imam Tajuddin As Subki.
 SUMBER ; HIDAYATULLAH.COM

0 comments on TATKALA ULAMA BESAR DI SURUH MASUK ISLAM :

Post a Comment