Ads

Simbolisme dalam Lambang Bank Indonesia

Lambang Versi Baru
Meneruskan tulisan-tulisan sebelumnya, kali ini aku iseng membahas simbolisme apa yang ada di lambang Bank Indonesia.
Tulisan ini murni iseng-iseng, istilah jawanya cuma othak athik gathuk saja. Iseng-iseng menghubungkan sesuatu yang mungkin sebenarnya tidak ada hubungannya sama sekali.

Lambang Bank Indonesia ada dua versi, lama dan baru. Sebenarnya bedanya cuma pada font yang digunakan saja. Keduanya saya muat di sini sebagai berikut:



Lambang Versi Lama
Simbolisme apa yang bisa di-gathuk-kan dengan lambang tersebut?

Pertama, kita bisa berimajinasi bahwa lambang BI tersebut adalah angka 13 di depan sebuah pilar. Angka 13 adalah angka keramat bagi freemasonry, illuminati dan organisasi rahasia yang terkait dengan mereka. Simbolisme angka 13 ini konon juga terdapat pada lambang McD dan Microsoft. Silakan dicari sendiri sumbernya. Saya pake jaringan internet lemot jadi nggak bisa cerita banyak mengenai simbolisme 13 yang lain.

Kedua, selain bisa diartikan sebagai angka 13, lambang BI juga bisa diimajinasikan sebagai ular yang membelit sebuah tiang. Imajinasi ini lebih terlihat pada lambang lama yang bentuk font-nya lebih luwes.

Ular yang membelit tiang sering dikaitkan dengan dunia medis. yang sering disebut sebagai rod of asclepius.
Konon di yunani kuno, ular merupakan lambang pengobatan dan dipuja laksana dewa. Rod of Asclepius ini juga bisa dikaitkan dengan rasi bintang Ophiucus (yang juga menggambarkan ular dan tongkat), yaitu rasi bintang ke 13 dalam zodiak (rasi bintang tersembunyi yang tidak semua orang menyadari keberadaannya dalam zodiak). Lagi-lagi kita menemukan angka 13.

Ular, dalam simbolisme caduceus (lihat di bawah) merupakan lambang bagi persaudaraan ular yang terkait erat juga dengan Freemasonry dan organisasi terkait lainnya.
Tongkat caduceus inilah yang dipegang oleh hermes, yaitu dewa yunani kuno yang dipercaya sebagai pelindung para pedagang (dunia perekonomian). BI juga terkait dengan perekonomian kan? hehe.

Patung Dewa Hermes yang memegang Caduceus ini bisa dilihat di jembatan harmoni.

Saya kebetulan motret patung ini waktu kemarin ke istana presiden habis ketemu temen. Maaf, caduceusnya tidak terlihat jelas. Wong, motretnya sambil lari-lari nyebrang jalan di harmoni. Caduceus dipegang di tangan kiri Hermes.

0 comments on Simbolisme dalam Lambang Bank Indonesia :

Post a Comment