Ads

Generalisasi


Generalisasi

       Generalisasi adalah mengambil simpulan dari data paling banyak.
Contoh:
       Desa Ades kekurangan air. Penduduk telah menampung air hujan untuk kebutuhan sehari-hari. Desa tetangganya, Amun, lebih buruk lagi. Air seakan telah menghilang dari tanah desa mereka. Mereka mencari air ke tempat yang sangat jauh. Desa Jiok sama kondisinya dengan dua desa sebelumnya. Hanya satu desa di Kecamatan Abol yang masih mendingan, yaitu Desa Bulai. Di Desa Bulai penduduk telah lama menggali tanah hingga kedalaman seratus meter sehingga stok air masih ada, tetapi harus berhemat. Jadi, desa-desa di Kecamatan Abol sangat kekurangan air bersih.

Kalimat berhuruf miring adalah kalimat simpulan generalisasi dari paragraf tersebut.

       Perlu diperhatikan, jika soal pilihan ganda, soal tentang simpulan paragraf generalisasi ini, jawabannya bukanlah pernyataan yang diambil dari keadaan yang sedikit, sekalipun pernyataannya benar.
Perhatikan contoh berikut.
       Hampir tiada hari tanpa salat tahajud bagi Pak Adi. Motivasinya adalah ia terus meminta kepada Allah agar anak-anaknya menjadi anak-anak yang saleh: taat beragama, berbakti kepada orang tua, dan berprestasi di sekolah. Bertahun, berpuluh tahun ia lakukan dengan penuh disiplin dan keikhlasan. Usaha Pak Adi berbuah. Anak pertama dan kedua menjadi pengusaha level internasional. Anak ketiga, keempat, dan kelima berprestasi di dunia akademis. Anak keenam hingga kedelapan sedang kuliah dengan biaya sendiri di berbagai perguruan tinggi ternama. Anak kesembilan memilih tetap bersama orang tuanya hingga akhir hayat. Ia mencukupkan pendidikan hingga SMA dan memilih bertani dengan berkonsentrasi pada merawat ayah dan ibunya di rumah.
Simpulan yang tepat untuk paragraf generalisasi di atas adalah….
A.    Anak-anak Pak Adi menjadi orang-orang yang sukses di bidangnya masing-masing.
B.    Ada satu orang anak Pak Adi yang tidak menekuni bidang profesional tertentu.
C.    Semua anak Pak Adi menjadi pengusaha-pengusaha ternama.
D.    Pak Adi telah berhasil mendidik anak-anaknya menjadi pemuka-pemuka agama.
E.     Anak-anak sangat berhasil ketika mendapat didikan langsung dari ayahnya.

Pernyataan yang terdapat dalam pilihan jawaban B adalah benar. Akan tetapi, B adalah jawaban yang salah, jawaban yang  benar adalah A.  Pernyataan B mengambil simpulan dari data yang sedikit, bukan pada data yang paling banyak.


Latihan

1.           Semua orang mengeluhkan hal yang sama: sungguh susah mencari polisi yang baik. Polisi melakukan pungutan liar, bukannya mengamankan masyarakat dari pungutan liar. Berurusan dengan polisi sangatlah rumit. Jika ada masalah lebih baik selesaikan dengan cara lain, tak usah melibatkan polisi. Polisi menjadi backing perjudian dan penyakit masyarakat lainnya, bukannya menumpasnya. Akan tetapi, masih ada segelintir polisi yang baik, Pak Alim contohnya. Pak Alim selain polisi, ia juga dikenal sebagai seorang imam mesjid di daerah tempat tinggalnya.
Kalimat yang tepat untuk simpulan paragraf generalisasi di atas adalah….
A.      Sangat sedikit polisi yang masih baik namanya di tengah masyarakat.
B.      Orang-orang mengeluhkan tentang berbagai tindakan polisi.
C.      Polisi telah tercemar namanya di tengah masyarakat.
D.      Perlu diadakan perbaikan yang sangat serius di tubuh kepolisian.
E.       Pemerintah perlu memperhatikan pola penyaringan masuk kepolisian.

2.           Warga Desa Air Jernih gemar menghidupkan masjid. Mereka berbondong-bondong ke masjid untuk salat berjamaah lima waktu. Acara pengajian selalu dipadati pendengar. Infak yang diminta untuk kemakmuran masjid akan ditanggapi dengan antusias oleh masyarakat. Akan tetapi, masih ada beberapa warga yang larut dalam penyakit masyarakat seperti perjudian dan menyabung ayam. Mereka telah diberi peringatan, namun belum dipedulikan.
Kalimat simpulan paragraf generalisasi di atas adalah….
A.      Warga Desa Air Jernih ingin memperbagus masjid mereka.
B.      Fungsi masjid di Desa Air Jernih telah berjalan dengan baik.
C.      Warga Desa Air Jernih suka memakmurkan masjid.
D.      Masih ada warga Desa Air Jernih yang enggan ke masjid.
E.       Masjid berfungsi untuk beribadah kepada Allah dan fungsi sosial.


 Penulis : Malin Batuah

0 comments on Generalisasi :

Post a Comment