Ads

Cara Kompres CSS Template Blogger

Cara Kompres CSS Template Blogger pada postingan kali ini sebenarnya bertujuan untuk optimasi kecepatan loading blog yang pernah saya bahas sebelumnya. Untuk membentuk dan menciptkan sebuah template blogger yang seo friendly tidaklah mudah, seperti yang telah kita ketahui bagaimana template yang seo friendly menurut google yang dapat anda baca di webmaster guidelines. Walaupun demikian kita dapat mengupayakan dengan salah satu cara yaitu mengkompres CSS template blogger yang kita miliki.

Sebenarnya banyak cara untuk mengkompres CSS, namun cara-cara tersebut tidak lain memiliki tujuan yang relatif sama, yaitu agar loading blog lebih cepat. Agar lebih mudah dalam proses pengkompresan Anda juga harus tau struktur dan bagian template blogger, karena tidak semua template blogger adalah kode css. Untuk lebih lenkapnya Anda dapat membaca potingan yang lalu yaitu bagian template blogger standar 2.

Sebelum melakukan pengkompresan terlebih dahulu saya himbau kepada Anda untuk mendownload template Anda terlebih dahulu, agar menghindarkan hal-hal yang tidak diinginkan pada template Anda. Adapun cara mengkompres CSS template blogger dapat Anda baca penjelasan berikut ini :

1. Lihat terlebih dahulu ukuran template Anda di http://www.iwebtool.com/speed_test

2. Jika sudah, kunjungi link berikut csscompressor

3. Masuk keakun blogger Anda dengan window/tab baru

4. Pilih rancagan kemudian klik Edit HTML

5. Berikan centang atau ceklis pada kotak Expand Template Widget

6. Lakukan sedikit settingan pada web csscompressor tadi dengan merubah :

  • Compression mode = pilih 'Super Compact'
  • Comments handling = pilih 'Strip ALL comments'

7. Jika sudah, kembali ke halaman Edit template blogger Anda

Sedikit penjelasan : kode CSS template blogger berada diantara kode <b:skin><![CDATA[  hingga ]]></b:skin> (cari dengan menggunakan ctrl + f) . Agar template Anda tidak error, lakukan pengompresan secara bertahap, artinya lakukan dengan bagian-perbagian hingga akhir kode CSS, jika Anda melakukan pengompresan CSS secara sekaligus maka template nantinya akan error.

8. Copy dan paste CSS template pada halaman csscompressor tadi lalu klik  Compress-it! 

9. Tunggu sebentar sampai proses pengompressan selesai, lalu copy dan paste css yang telah dikompres pada template blogger Anda (sebelumnya hapus CSS yang lama dan ganti dengan CSS yang telah dikompres tadi).

10. Lakukan dengan cara yang sama pada kode CSS berikutnya hingga selesai.

11. Jika sudah selesai. klik pratinjau untuk melihat hasil sementara sebelum disave.

12. Jika tidak ada perubahan dalam template Anda, maka pengompresan berhasil dilakukan kemudian save, dan lihat perbandingan ukuran template sebelumnya dengan yang baru dikompres (poin 1).

Mungkin sudah cukup jelas penjelasan dari saya mengenai cara kompres CSS template blogger ini, untuk itu saya ucapkan kepada Anda selamat mencoba.

Namun jika Anda tidak ingin menggunakan tool ini, saya sudah mempersiapkan dan memperesmbahkan CSS compressor tool untuk Anda, tanpa settingan dan penggunaannya cukup mudah tidak seperti yang saya terangkan diatas.

0 comments on Cara Kompres CSS Template Blogger :

Post a Comment